Surga Ada di Telapak Kakinya

Ketika membaca judul diatas, adakah kemudian sosok yang terbesit dalam benak kita? Ketika  mendengar kalimat diatas, adakah kemudian bayangan seseorang yang terlintas dalam pikiran kita?

Ya, Tentu.

Ialah Ibu. Seseorang yang jasanya amat begitu besar. Pengorbanan dan kasih sayangnya tak akan pernah bisa terbalaskan.

“Ibumu…Ibumu..Ibumu…Lalu Kemudian Ayahmu

Rasulullah menyebut kata Ibu hingga tiga kali, ketika seorang sahabat datang menghampiri beliau. Bertanya, tentang siapa orang di dunia ini yang paling berhak Ia muliakan.

Tiga kali. Bayangkan. Betapa kemudian sosok Ibu ini menjadi orang yang harus sangat dimuliakan oleh anak-anaknya. Mulia, berkat perjuangan ikhlasnya saat mengandung selama sembilan bulan lamanya. Mulia, berkat perjuangan melahirkan yang rasa sakitnya begitu luar biasa. Mulia, karena dengan sabarnya merawat sang bayi kecil hingga ia tumbuh dewasa.

Lalu, sebagai anak yang beliau perjuangkan itu? Apa yang harus kita lakukan sebagai wujud terima kasih? Apa yang harus kita kerjakan sebagai wujud balas kasih sayang?

Meski sebenarnya ibu kita tak memerlukan rasa terima kasih apalagi balas jasa.  Tetapi, sebagai anak yang telah diperjuangkan, kita wajib menghormati beliau sehormat-hormatnya. Kita wajib menyayangi beliau sesayang-sayangnya. Kita wajib mencintai beliau secinta-cintanya.

Meski selama ini banyak hal yang telah kita lakukan. Mulai dari menjadi anak yang shaleh shalehah, berbakti kepada ibu dan ayah, membantu pekerjaan rumah, belajar rajin untuk meraih kesuksesan, dan lain sebagainya. Mungkin itu semua akan membuat ibu kita senang.

Tapi sebenarnya, hanya dengan  melihat senyum yang terlintas dari wajah kita, ibu kita sudah merasa sangat bahagia. Sesederhana itu.

Jaga dan terus sayangi orangtua kita ya, teman 🙂

Iklan

4 thoughts on “Surga Ada di Telapak Kakinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s